CARA INSTAL DAN REGESTRASI DAPODIK PAUD VERSI 3.3.0 TERBARU




Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.3.0 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 ada 2 (dua) Metode yaitu Metode Aplikasi Dapodik Offline dan Metode Aplikasi Dapodik Online. Disini penulis hanya menjelaskan bagaimana Regestrasi Aplikasi Dapodik Offline, karena para operator sudah terbiasa dengan menggunakan Aplikasi Dapodik Offline seperti versi terdahulu.

Secara umum perubahan yang terdapat pada versi ini adalah
1.     Kode Registrasi PAUD diubah menjadi kode registrasi sepanjang 36 karakter.
2.  Satuan Pendidikan PAUD diberikan pilihan menggunakan aplikasi Dapodik Offline dan Online, sesuai dengan kemampuan jaringan di daerah masing-masing.
3. Manajemen PTK (Penambahan, Penugasan PTK, Mutasi PTK) tidak lagi dilakukan oleh Satuan Pendidikan tetapi dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Sebelum menggunakan Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.3.0 Satuan Pendidikan terlebih dahulu melakukan pemilihan penggunaan Aplikasi dan Metode Dapodik pada laman : https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id dengan login sebagai Satuan Pendidikan dengan menggunakan Akun Dapodik yang sudah dimiliki. Selain untuk pemilihan Metode, ini dilakukan juga untuk mendapatkan Kode Regestrasi Dapodik PAUD terbaru dengan system 36 karakter.

Berikut langkah-langkah nya sesuai dengan urutan gambar seperti dibawah ini untuk mendapatkan Kode Regestrasi tersebut:



Setelah login selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut seperti gambar :



Kemudian juga pemilihan metode syncronisasi :





Berikut dari pilihan Aplikasi dan Metode Syncronisasi adalah :
1.   Dapodik Online :  pengerjaan data dilakukan secara online pada web : https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik
2.   Dapodik Offline/Syncronisasi Online : pengerjaan aplikasi dengan menggunakan aplikasi yang terinstall pada laptop/PC kita dan melakukan syncronisasi secara online (ini yang sering kita gunakan dalam pengerjaan Dapodik PAUD)
3.   Dapodik Offline/Kirim File (offline) : pada pengerjaan ini menggunakan aplikasi dapodik yang sudah terinstal juga dan syncronisasi secara offline dengan mengirim/mengupload file yang dihasilkan aplikasi dapodik.

Untuk penggunaan Aplikasi Dapodik Offline langkah selanjutnya dengan mendownload Installer Aplikasi Frontend Dapodik Offline melalui website resmi dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/ kemudian lakukan Instal Aplikasi tersebut. Dan kerjakan penginputan data seperti halnya dengan Aplikasi Dapodik PAUD versi sebelum-sebelumnya.






Untuk lebih jelasnya silahkan juga unduh :  Pedoman Dapodik PAUD 2018


Dan juga installer Dapodik PAUD Versi 3.3.0 : klikdisini




Selamat Mengerjakan…..”SALAM SATU DATA”

Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon

PropellerAds