Dalam Rencana
Pelakasanaan Pembelajaran Harian (RPPH) untuk Satuan Pendidikan Taman Kanak
Kanak Kurikulum 2013 terdapat kegiatan pembukaan yang ditujukan untuk membantu
membangun minat anak agar anak siap bermain di kegiatan inti. Kegiatan
pembukaan penting untuk mengenalkan materi pembelajaran. Kegiatan pembukaan
dimanfaatkan guru untuk mengenalkan kegiatan bermain yang sudah disiapkan,
aturan bermain, menerapkan pembiasaan-pembiasaan, dan sebagainya.
Selama
proses pembelajaran guru dapat menggunakan berbagai metode untuk saling
melengkapi. Metode tersebut untuk mendukung pendekatan saintifik. Beberapa
metode pembelajaran yang dianggap sesuai untuk PAUD, antara lain adalah sebagai
berikut :
Bercerita adalah
cara bertutur dan menyampaikan cerita secara lisan. Cerita harus diberikan
secara menarik. Anak diberi kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan.
Pendidik dapat menggunakan buku sebagai alat bantu bercerita.
Demonstrasi digunakan
untuk menunjukkan atau memeragakan cara untuk membuat atau melakukan sesuatu.
Bercakap-cakap dapat
dilakukan dalam bentuk tanya jawab antara anak dengan pendidik atau antara anak
dengan anak yang lain.
Pemberian
tugas dilakukan
oleh pendidik untuk memberi pengalaman yang nyata kepada anak baik secara
individu maupun secara berkelompok.
Sosio-drama/bermain
peran dilakukan
untuk mengembangkan daya khayal/imajinasi, kemampuan ekspresi dan kreatifitas
anak terhadap tokoh-tokoh yang diperankan atau benda-benda yang ada di sekitar.
Karyawisata adalah
kunjungan secara langsung ke objek-objek yang sesuai dengan tema dan bahan
kegiatan yang sedang dibahas di lingkungan kehidupan anak.
Projek merupakan
suatu tugas yang terdiri atas rangkaian kegiatan yang diberikan oleh pendidik
kepada anak baik secara individu maupun secara berkelompok dengan menggunakan
objek alam sekitar maupun kegiatan sehari-hari sebagai bahan pembahasan.
Eksperimen merupakan
pemberian pengalaman kepada anak dengan melakukan percobaan secara langsung dan
mengamati hasilnya.
RPPH TK Tahun
2017 yang diterbitkan ini banyak yang menanyakan KI dan KD tidak dimuat secara
spesifik. Jika kita telusur kembali pada
buku pedoman pembuatan RPPH TK maka Format RPPH tidaklah harus sama dan monoton
akan tetapi harus memuat tujuh unsur pembentuk rpph yaitu: (1) Identitas Program,
(2) Materi, (3) Alat dan Bahan Ajar, (4) Kegiatan Pembukaan, (5) Kegiatan Inti,
(6) Kegiatan Penutup, dan (7) Rencana Penilaian.
Berikut ini kami berikan daftar link tautan yang dapat ayah bunda
gunakan untuk mendownload file RPPH TK Kelompok B dengan mengklik dibawah ini:
SEMESTER PERTAMA
SEMESTER KEDUA
Advertisement
Baca juga:
0 Comments
EmoticonEmoticon