PANDUAN LAPOR DANA BOP PAUD 2019




Sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban dalam pelaksanaan DAK Nonfisik BOP PAUD wajib melaporkan hasil kegiatannya. Laporan penggunaan Dana pada tingkat Satuan Pendidikan selain disusun dan dilengkapi dengan bukti pengeluaran seperti kuitansi, faktur, nota, bon dari vendor/toko/supplier yang disampaikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota juga Satuan Pendidikan melakukan pelaporan penggunaan secara online Aplikasi Sistem Informasi BOP PAUD yang dimiliki oleh Dirjen PAUD-Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Aplikasi ini sama dengan dengan lapor BOS online, dalam kegiatan Pelaporan Penggunaan Anggaran DAK Nonfisik BOP PAUD pengguna membutuhkan akun login Username dan Password Dapodik PAUD-Dikmas. Berikut ini penulis ingin berbagi dan menjelaskan sedikit bagaimana mengoperasikan Aplikasi Sistem Informasi/SI BOP PAUD yaitu sebagai berikut :

1.   Kunjungi link resminya ke :


Masukan Username dan password sesuai dengan atau sama dengan Dapodik PAUD-Dikmas

2.   Akan tampil Dashboard kemudian silahkan isian formulir realisasi seperti gambar dibawah ini.


Formulir ini merupakan halaman untuk memasukan nilai BOP yang didapat, ada beberapa field yang harus diisi yaitu nama lembaga, jumlah peserta didik, tanggal realisasi dan jumlah alokasi dana. Untuk melihat petunjuk pengisian formulir tekan tombol help pada bagian kanan bawah.

3.   Kemudian isi juga Formulir Evaluasi seperti ini.


Ini merupakan rincian pengguna dari dana DAK Nonfisik BOP PAUD. Untuk diketahui juga, untuk bisa masuk formulir evaluasi terlebih dahulu wajib mengisi dan menyelesaikan formulir realisasi, karena data evaluasi tidak akan bisa disimpan sampai data realisasi masuk.


Untuk lebih jelasnya Yahnda dan Bunda pengelola dari Satuan Pendidikan dalam menjalankan/mengoperasikan Aplikasi SI BOP PAUD silahkan download panduannya secara lengkap pada link dibawah ini hanya tinggal klik tulisannya :





Semoga ini bermanfaat dan dapat membantu bagi Lembaga Pengelola Dana Bantuan DAK Nonfisik BOP PAUD

Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon

PropellerAds