PANDUAN PENGISIAN PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN PAUD 2018




Peningkatan Mutu Pendidikan merupakan sebuah komitmen Pemerintah yang diterapkan melalui berbagai Peraturan Perundangan terkait Sistem Pendidikan Nasional, salah satu nya adalah diterbitkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan.
Untuk penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan dilakukan Evaluasi, Akreditasi dan Sertifikasi. Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan local, nasional dan global.

Pada tahun 2018 bagi Satuan Pendidikan PAUD yang telah ditentukan akan melaksanakan Pemetaan Mutu Pendidikan PAUD berikut ini kami berikan panduan dalam menginput / entry data sekolah pada situs Pemetaan Mutu Pendidikan PAUD sebagai berikut :

1.   Login pada link : https://pemetaanmutu.paud-dikmas.kemdikbud.go.id maka akan tampil seperti gambar berikut. Isikan UserId dan password sesuai dengan “DAPODIK”



2.   Setelah masuk pada Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan PAUD baru input/entry data sekolah sesuai dengan isia Instrumen yang terdapat pada aplikasi, seperti antara lain :
a.      Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan
b.     Standar Isi
c.      Standar Proses
d.     Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
e.      Standar Sarana dan Prasarana
f.       Standar Pengelolaan
g.      Standar Pembiayaan, dan
h.     Standar Penilaian Pendidikan










Untuk lebih memudahkan mengisi setiap isian Instrumen yang terdapat pada setiap standar diatas, silahkan download contoh isian Instrumen tersebut di bawah ini dengan “GRATIS” :



Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon

PropellerAds